Berbagai Jenis Merek Laptop dan Sejarahnya

Bagikan ke Teman :


Laptop adalah salah satu bukti kemajuan teknologi yang sudah pasti Anda kenal dengan sangat baik. Tentu saja ada banyak sekali merek laptop dan sejarahnya yang panjang hingga saat ini laptop hadir dalam berbagai jenis variasi yang menarik dan tentunya sangat canggih. Teknologi berkembang dengan sangat pesat yang tentu saja membuat semua orang semakin mudah dalam menjalani hidup sekarang ini. Anda bahkan bisa memilih akan membeli jenis laptop yang seperti apa dengan spesifikasi yang secanggih apa. Selama financial mencukupi maka tidak ada batasan untuk laptop termahal sekalipun. Harga laptop sendiri mulai dari jutaan rupiah hingga ratusan juga bahkan dengan spesifikasi khusus seperti untuk kepentingan intelligent atau pekerjaan penting lainnya satu buah laptop bisa mencapai angka milyaran rupiah. Fantastis bukan?

Merek laptop dan sejarahnya yang cukup panjang membuktikan kepada khalayak bahwa inovasi sangat berpengaruh dalam dunia teknologi. Tidak pernah ada kata terlambat untuk sebuah innovasi yang tentu saja menjadi sebuah kewajiban untuk dunia bisnis jika ingin terus maju dan mendapatkan posisi di hati masyarakat luas. Selain karena bisa dibawa kemana saja, semua pekerjaan yang berhubungan dengan komputerisasi juga bisa dikerjakan dengan menggunakan laptop. Kenapa diberi nama laptop? Sebabnya adalah karena cara penggunaan paling sering produk ini adalah diatas pangkuan seseorang sehingga namanya menjadi Lap Top yang berarti Atas Pangkuan. Sebenarnya sejak tahun 1070 benda ini sudah mulai dibicarakan. Namun pada akhirnya sejarah perkembangan laptop sendiri mulai eksis di dunia sejak tahun 1968 lalu ketika Dynabook hadir yang merupakan rancangan dari designer di XEROX PARC. Dan sebuah fakta terjadi bahwa di tahun 2008 lalu penjualan laptop melesat jauh diatas angka penjualan desktop.

Berikut ini adalah beberapa merk laptop dan sejarahnya yang ternyata memiliki banyak cerita menarik dibalik kemunculannya ke dunia elektronik:

·        Apple
Siapa yang tidak kenal dengan brand dengan logo buah apel yang tergigit separuh ini? Apple adalah brand elektronik kelas atas yang juga ikut membuat dunia pasar gadget salah satunya laptop menggeliat cukup pesat. Secara resmi perusahaan ini berdiri sejak tahun 1976 lalu tepatnya di tanggal 1 April. Untuk produk yang dikeluarkan diantaranya adalah iPhone, iMac, MacBook Pro, iPod dan juga Appla Watch. Semua produknya dipastikan menggunakan teknologi paling baru dengan spesifikasi dan kualitas yang sangat mumpuni. Tidak heran jika kemudian harga jual per unitnya dipastikan mahal. Bahkan untuk iPhone keluaran terbaru, MacBook Pro atau iMac mencapai puluhan juta untuk spesifikasi tertentu.

Kedua orang hebat dibalik berdirinya perusahaan ini adalah Steve Jobs dan juga Steve Wozniak yang memang sudah berhubungan baik sejak lama sekali. Mereka pertama kali mengenal satu sama lain di tahun 1971 dan saat itu usia keduanya masih sangat muda. Kemudian mereka berdua membuat computer dengan bentuk yang cukup sederhana sampai kemudian seseorang yang bernama Paul Terrell Wozniak menciptakan sebuah system untuk membuat computer biasa itu menjadi luar biasa dengan menambahkan kecepatan kerja computer itu sehingga saat itu menjadi yang paling cepat dan dikenal dengan sebuah masterpiece. Nama computer itu adalah Apple I. Lalu hasil penjualan Apple I membuat mereka kemudian bisa menciptakan Apple II di tahun 1977. Lalu di tahun 1980 pesaing paling besar Apple yaitu IBM meluncurkan produk yang juga sekaligus menjadi persaingan Apple. Kemudian meluncurlah Apple III yang merupakan produk gagal karena sangat mahal dengan spesifikasi yang biasa.

Sejak saat itu Apple terus melakukan innovasi besar yang kemudian membuat perusahaan ini terus diminati produknya seperti iMac, MacBook Air, Mac Mini, MacBook Pro, Mac Pro, dan lainnya. Yang paling unggul dari produk laptop keluaran Apple dan sampai saat ini masih bertahan adalah baterai sehingga bekerja seharian bebas lemot bebas panic karena kehabisan baterai.

·         Toshiba
Toshiba juga merupakan salah satu perusahaan besar yang mengeluarkan berbagai jenis laptop berkualitas. Dulunya, Toshiba bukanlah sebuah perusahaan besar namun karena kerja kerasnya sampai bisa diperhitungkan di dunia. Toshiba sudah meluncurkan produk laptop pertama kali di taun 1985 lalu dengan seri Toshiba  T1100. Prosesor yang digunakan saat itu adalah Intel 80C88. Dan memang Toshiba hampir setiap tahun meluncurkan produk laptop seperti Toshiba Tecra T6600 C di tahun 1995, Toshiba Libretto 50, Toshiba Satellite P25 Series di tahun 2005, Toshiba Qosmio G50 yang merupakan satu-satunya laptop di dunia yang saat itu menggunakan quad core sebagai procesornya. Dan sampai saat ini pun Toshiba tetap terus productive meluncurkan laptop dengan berbagai spesifikasi mengikuti perkembangan dunia teknologi.

·         Acer
Ini adalah perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1976 dan berasal dari Taiwan. Saat itu namanya adalah Multitech dan kemudian di tahun 1987 memutuskan berubah menjadi Acer. Prestasi baik pernah diraih oleh perusahaan ini yaitu di tahun 2004 yang berhasil berada di urutan nomer 4 sebagai branded PC. Untuk Acer sendiri meluncurkan beberapa jenis produk computer jinjing seperti Acer Ferrari yang menggunakan teknologi paling baru, Acer TravelMate dan juga Acer Aspire. Semua produk notebook dan juga laptopnya sudah beredar di berbagai negara baik Asia atau Eropa. Acer sendiri menciptakan laptop sesuai dengan pangsa pasar yang berbeda. Untuk yang range harganya terjangkau bisa memilih Acer Aspire. Untuk kebutuhan professional bisa memilih yang Acer Ferrari. Dan untuk yang membutuhkan performa tinggi bisa menjatuhkan pilihan pada Acer TravelMate yang merupakan jenis ultra portable notebook.

Selain beberapa merek laptop dan sejarahnya diatas yang memang menjadi historical laptop di dunia sejak pertama kali ada di dunia hingga masuk ke jaman modern seperti sekarang ini berbagai brand elektronik terus berinovasi memunculkan teknologi dan terobosan baru untuk memanjakan konsumen terlebih mereka yang sangat bergantung dengan produk elektronik untuk pekerjaan dan segala aktivitasnya. Merk lainnya yang juga terkenal di pasaran adalah, Samsung, Sony, Zyrex, Asus, Lenovo, Dell, Hp dan lainnya. Setiap masing-masing brand memiliki keunggulan dan juga kelemahannya yang membedakan antara satu dan lainnya sehingga jika Anda ingin membeli laptop baru biasakan untuk survey spesifikasinya terlebih dahulu. Hal itu akan sangat membantu untuk Anda menilai seperti apa kualitas produk tersebut sebenarnya. Contohnya saja apakah laptop tersebut lemot atau tidak, apakah kualitas grafisnya bagus atau tidak dan apakah system kerjanya cepat atau lambat. Untuk kebutuhan pekerjaan biasa, grafis atau untuk kebutuhan gaming memiliki spesifikasi yang berbeda sehingga memang Anda bisa melihat dari detail komponen hardware dan software yang dipakai oleh brand tersebut.

Setiap brand laptop memiliki sejarah yang juga mengikuti perkembangan dunia teknologi. Masing-masing memiliki inovasi yang kemudian memacu perkembangan pasar gadget semakin bergeliat hingga saat ini. Ada brand yang terus berkembang namun ada yang mengalami jatuh bangun lalu bangkit kembali. Persaingan dalam masalah teknologi apalagi computer memang sangat berat namun karena teknologi dan laptop menjadi kebutuhan utama saat ini maka siapa saja pasti membeli sesuai dengan budget yang mereka miliki sesuai dengan kebutuhannya. Itulah kenapa setiap perusahaan dan brand pasti memiliki pangsa pasarnya sendiri-sendiri yang memang menciptakan sebuah produk sesuai dengan pasar yang mereka tuju apakah high end class, eksekutif atau justru anak muda dan mahasiswa.

Belajar dari banyaknya merek laptop dan sejarahnya yang berliku maka Anda tentu mengerti bahwa yang namanya teknologi seharusnya digunakan dengan baik karena diciptakan untuk menunjang pekerjaan dan aktivitas agar mudah dan cepat selesai. Anda bisa melihat dari sejarah-sejarah hebat laptop saat akan menentukan laptop dari brand apa yang akan Anda beli saat ini.

 By : Alfacom Kendari Nopember 2018




Photobucket Photobucket Photobucket

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Redesain by Jago Website