Mengenal Generasi Processor Intel Core

Bagikan ke Teman :


Kebutuhan akan perangkat PC komputer ataupun laptop kini semakin meningkat bahkan dari tahun ke tahun jumlah permintaannya terus bertambah. Terkadang dari berbagai macam kalangan baik pekerja hingga pecinta game membutuhkan processor terbaik untuk mendukung semua aktivitasnya. Perlu Anda ketahui bahwa dari sebuah processor ternyata memiliki perkembangan yang cukup menarik untuk diikuti. Seperti kita kenali saat ini processor dari Intel telah menjamur bahkan sudah ada di dalam perangkat PC dan laptop banyak produsen, maka dari itu bagi pengguna PC komputer dapat mengetahui perkembangan generasi processor Intel core dari awal sampai sekarang.

Setiap processor Intel Core memiliki keunggulan baik darikecepatannya hingga performa lainnya. Jika semakin tinggi generasi processor maka akan ada banyak fitur baru yang tersedia sehingga memudahkan penggunanya. Maka dari itu mari kita simak mengenai perkembangan dari processor Intel Core berikut ini:

·         Intel Core Generasi 1 Arrandale
Salah satu processor dengan kode nama Arrandale sudah dirilis sejak tahun 2009 silam. Dari spesifikasi proceesor Intel Core Generasi 1 Arrandale ini telah mengusung bus DMI bersistem 2.5 GT/s, kemudian masih belum mempunyai indikator generasi, ditambah lagi memakai kapasitas RAM mencapai 8GB. Tidak hanya itu terdapat pula litografi standar 32nm. Produk processor Intel Core generasi pertama terdiri dari Core i3, Core i5, Core i7 hingga Core i7 Extreme.

·         Intel Core Generasi 2 Sandy Bridge
Berikutnya ada generasi processor Intel Core yakni generasi 2 Sandy Bridge dimana sudah dirilis sejak tahun 2011 lalu. Dari tipe Sandy Bridge ini memakai bus DMI bersistem 5GT/s, kemudian litografi standar 32nm ditambah RAM berkapasitas maksimal mencapai 16GB ditambah bandwith memori eksternalnya mencapai 21.3GB/s. Ada beberapa produk processor Intel Core generasi kedua yakni Core i3, Core i5, Corei7 sampai Core i7 Extreme.

·         Intel Core Generasi 3 Ivy Bridge
Anda bisa mengamati dari salah satu generasi processor Intel Core yakni generasi 3 Ivy Bridge. Kode nama dari generasi 3 ini memakai nama Ivi Bridge kemudian dari waktu perilisannya dimulai pada tahun 2012. Tipe bus DMI yang dipakai adalah bus sistem 5Gt/s kemudian masih memakai lotgrafi standar 22mm. Sedangkan kapasitas RAM maksimalnya bisa mencapai 32GB dengan bandwith memori maksimalnya mencapai 25.6GB/s. Performa Intel Core Generasi 3 Ivy Bridge ini bisa dikatakan cukup unggul terutama kemampuan maksimal RAMnya.

·         Intel Core Generasi 4 Haswell
Satu generasi processor Intel Core lainnya yakni generasi 4 Haswell juga menjadi satu keunggulan yang bisa dinikmati pengguna PC komputer ataupun laptop. Kode nama Haswell yang sudah dirilis tahun 2012 ini mampu menggunakan bus sistem 5GT/s ditambah lagi litografi standar22mm hingga RAM berkapasitas maksimal mencapai 32GB. Sedangkan dari bandwith maksimalnya sendiri dapat mencapai 25.6Gb/s,

·         Intel Core Generasi 5 Broadwell
Generasi processor Intel Core selanjutnya masuk ke generasi 5 Broadwell dimana memiliki kode nama Boardwell yang sudah dirilis sejak tahun 2013. Meskipun tidak terlalu tenar, namun dari generasi 5 Broadwell ini mampu meluncurkan processor bertipe ultra daya rendah dengan memakai bus DMI2 sistem 5GT/s. Tidak hanya itu saja karena processor satu ini memberikan keunggulannya yakni memakai daya rendah hingga litografinya lebih kecil hingga mencapai 14nm. Pada generasi kelima Broadwell ini juga didukung teknologi menekan TDP sampai 7.5W yang mana mampu memproses RAM berkapasitas besar mencapai 16GB hingga mendapat dukungan LPDDR3. Daftar generasi processor generasi 5 ini mulai dari Core i3, Core i5, hingga Core i7.

·         Intel Core Generasi 6 Skylake
Masih ada generasi processor Intel Core ke 6 dengan kode nama Skylake yang sudah dirilis sejak tahun 2015 lalu. Pada generasi processor satu ini sudah memakai platform Intel Skylake berprocessor Core i6th Gen hingga memakai motherboard chipset 100 Series. Processor Intel Core generasi 6 skylake ini sudah dirilis menggunakan kecepatan bus 8GT/s DMI3. Tak hanya itu saja karena dari litografinya mencapai 14nm, dengan chace 6MB Smart Chace ditambah lagi kapasitas RAM maksimalnya bisa mencapai 64GB. Jenis memori yang dipakai pada generasi keenam ini adalah DDR4-1866, DDR3L-1333/1600 ditambah bandwith memori maksimal 34.1GB/s.

Biasanya penerapan processor Intel Core generasi 6 Skylake ini ditujukan untuk laptop gaming dengan label U akan tetapi masih bisa digunakan untuk berbagai bentuk PC komputer dengan berbagai spesifikasi. Beberapa produk Intel Core generasi 6 Skylake mulai dari Pentium, Celeron, Corei3, Core i5, Core i7, hingga Core i7 Extreme.

·         Intel Core Generasi 7 Kabylake
Terakhir ada generasi processor Intel Core generasi 7 Kabylake yang mana sudah dirilis pada 4 Januari 2017 lalu bahkan secara resmi Intel telah melengkapi processor Core i7 Generation Kabi Lake. Pada penggunaan processor satu ini sudah bisa digunakan pada PC komputer, laptop ataupun notebook, hingga workstation. Spesifikasi generasi 7 Kabylake ini memiliki kecepatan bus 8GT/s DMI3, kemudian litografinya 14nm dengan chace 8MB Smartcase, hingga kapasitas RAM maksimal 64GB. Dukungan memori DDR4-2133/2400 dengan bandwith maksimalnya 64GB/s membuat performanya lebih cepat akan tetapi dari segi harga memang dianggap masih mahal.

Itulah beberapa generasi processor Intel Core dimana masing-masing generasi memiliki spesifikasi dari rendah sampai tertinggi. Jika melihat perkembangan processor Intel Core saat ini memang terlihat sangat unggul dan cepat terutama dalam memberi akses kepada kalangan tertentu seperti pekerja hingga pebisnis sampai pecinta game. Jadi Anda bisa melihat hingga menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Photobucket Photobucket

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Redesain by Jago Website