MENGENAL CCTV

Bagikan ke Teman :
Memproteksi diri sendiri menjadi sebuah keharusan saat ini. Tidak hanya keselamatan diri namun juga untuk rumah, tempat usaha, harta benda dan lainnya. Salah satunya adalah dengan menggunakan kamera CCTV (Closed Circuit Television) jalur yang bersifat tertutup atau rahasi. Saat ini bahkan hampir disetiap sudut kota sudah dilengkapi dengan perangkat tersebut untuk memantau kondisi jalan raya setiap saat seperti saat terjadi kecelakaan, saat ada operasi khusus dan lainnya. Hanya saja sebelum memutuskan membeli salah satu jenisnya ada baiknya Anda mencari tahu apa saja type yang tersedia di pasaran karena dengan begitu Anda bisa menentukan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jenis-jenis kamera CCTV dibawah ini memiliki spesifikasi yang berbeda antara satu dan lainnya. Hal itu secara tidak langsung juga sangat berpengaruh dengan yang namanya harga. Ada harga ada kualitas bukan? Pepatah tersebut ternyata tidak sepenuhnya salah. Berikut diantaranya:

           ·         PTZ Camera
PTZ sendiri merupakan kependekan dari Pan Tilt Zoom. Kemampuan kamera ini adalah bisa bergerak kea rah kiri dan juga kanan serta bergerak kearah atas dan juga bawah. Sangat recommended untuk pemantauan area atau lokasi yang cukup luas hanya dengan memanfaatkan satu buah kamera saja. Selain itu, kamera yang satu ini juga mampu menggambil gambar dengan mode zoom hingga berkali lipat dari ukuran aslinya. Sistem operasinya sangat mudah bisa dengan cara manual dengan memanfaatkan remote controller atau dengan cara otomatis.

           ·         Bullet Camera
Jenis yang satu ini banyak digunakan untuk kebutuhan indoor atau juga outdoor. Keunggulannya untuk kebutuhan outdoor adalah karena kamera ini mampu bertahan jika terkena air hujan. Pemasangannya bisa pada dinding atau juga pada bagian langit-langit atap. Hanya saja kamera yang satu ini khusus untuk mengambil gambar secara fix dengan area yang tetap tidak berubah atau bergerak.

           ·         Dome Camera
Bentuknya mirip dengan dome atau kubah. Sekilas kamera ini tidak akan nampak melalui pandangan mata manusia karena warnanya gelap sehingga pergerakan kamera tidak akan terdeteksi. Untuk jenis dome ini ada yang fix hanya satu arah saja namun ada juga yang jenisnya bisa berputar ke segala arah dengan kecepatan tinggi. Harga yang bisa berputar tentu saja lebih tinggi dibandingkan harga dome camera type fix 1arah.

           ·         Board Camera
Untuk kamera CCTV yang satu ini biasanya terhubung langsung dengan perangkat komputer. Namun bisa juga terhubung perangkat elektronik yang lainnya hanya saja dengan ukuran resolusi yang lebih rendah. Kebanyakan board camera ini dipakai untuk kebutuhan teleconference type standard.

           ·         Network Camera
Kamera ini tersedia dalam type wireless atau dengan type kabel. Cara pemasangannya cukup mudah dan praktis dan kebanyakan type camera ini memiliki resolusi yang lebih tinggi dari pada kamera dengan model analog. Untuk bisa memaksimalkan fungsi dari kamera ini sendiri maka Anda harus tahu syarat seperti apa yang dibutuhkan. Untuk yang type wireless tentu saja harus terhubung langsung dengan wireless area, kemudian untuk type kabel harus menggunakan kabel utp untuk penarikan dengan router. Kemudian, hard drive yang dibutuhkan untuk pengoperasian kamera ini juga harus lebih besar karena nilai resolusi kamera yang cukup tinggi. Jika Anda memasang kamera network dalam jumlah lebih dari satu maka Anda membutuhkan alat tambahan lainnya yang bernama configurasi internet.

           ·         Kamera Infra Red
Nama lain dari kamera jenis ini adalah night vision camera. Yang bisa melihat dan menangkap gambar atau merekam gerakan pada malam hari, saat mati lampuu atau dalam kondisi gelap total. Teknologi infra red membantu kamera ini untuk bisa bekerja dengan baik. Adapun warna gambar yang dihasilkan saat malam atau gelap adalah hitam putih,namun umumnya Camera sekarang sudah dilengkapi Infra Red.

Jika Anda sudah mengetahui apa saja jenis kamera CCTV diatas maka Anda juga perlu tahu apa saja yang harus Anda lakukan disaat akan memilih salah satu diantaranya. Ingatlah jika sampai Anda membeli produk yang salah maka Anda yang akan rugi. Brand cukup memegang peranan penting apalagi perangkat elektronik seperti ini biasanya sudah ada yang menjadi pemegang utama di pasaran. untuk masalah harga biasanya cukup mengikuti kualitasnya. Jelas saja kamera dengan harga murah berbeda dengan harga mahal karena setiap komponen yang digunakan pun berbeda. Paling terlihat adalah dari hasil kualitas rekaman gambar ada yang retak-retak atau buram, ada yang sangat jelas, ada yang terputus-putus atau goyang dan ngeblur.


Jangan abaikan masalah spesifikasi. Setiap produk elektronik selalu memiliki spesifikasi yang berbeda yang menjadi keunggulan atau kekurangannya jika dibandingkan dengan produk lainnya. Hanya saja untuk kebutuhan kamera pengintai seperti ini sebaiknya investasikan uang Anda pada perangkat yang baik. Membayar lebih untuk produk berkualitas tentu tidak akan menjadikan penyesalan bukan?

by : Admin Alfacom Kendari
Photobucket Photobucket Photobucket

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Redesain by Jago Website