Update Bios Asus X200CA

Bagikan ke Teman :
Update Bios diperlukan untuk memperbaiki masalah yang sering timbul setelah Laptop sudah dilepas kepasar atau untuk meningkatkan kemampuan dari Laptop sehingga fitur yang tadinya tidak ada, menjadi ada setelah diupdate. Biasanya Bios dikeluarkan oleh vendornya dan dapat di download sendiri diwebsitenya.
Bios bisa diupdate melalui berbagai cara, bisa melalui Windows jika Laptop masih bisa masuk ke windows, melalui Bios jika Laptop sudah tidak bisa masuk windows tapi masih tampil dan bisa masuk ke Bios atau melalui USB jika Laptop masih bisa hidup ataupun melalui Alat Flash jika Laptop sudah tidak bisa melalui cara yang diatas, tapi cara ini tidaklah mudah, karena Anda harus membongkar Laptop Anda, biasanya dikerjakan oleh teknisi yang punya keahlian di bidangnya. Kali ini kita berbagi cara Update Bios Mereka Asus seri X200CA melalui Bios. Perlu diketahui KEGAGALAN Update bios bisa menyebabkan Laptop Anda Mati Total, hidup tidak tampil ataupun masalah lain, karenanya kami TIDAK Bertanggung Jawab jika terjadi kerusakan di Laptop Anda setelah update bios, kami hanya memberi langkah-langkah pengupdate-an.

Baiklah sebelum memulai pasang Adaptor dan Battrey, karena tanpa terpasang keduanya, update bios tidak bisa dilanjutkan, selanjutnya untuk memulai Update Bios di Laptop Asus X200CA, terlebih dahulu hidupkan Laptop dan tekan F2 untuk masuk Bios lalu di menu MAIN terlihat versi bios seperti gambar berikut, terlihat tulisan Version 205 :


Setelah Anda tau versi bios Laptop Anda, kemudian masuk ke website Asus sebagai penyedia file Biosnya, melalui link berikut
http://www.asus.com/in/support/Download/3/544/0/1/mxCflqhEZO0Obl2x/30/

selanjunya masuk ke pilihan Bios, nanti terlihat beberapa versi Bios dan tanggal updatenya seperti gambar berikut :




Biasanya kita memilih file Bios versi terakhir sebagai penyempurna versi sebelumnya, disini kami memilih Version 208 update 2013/10/10, download filenya dan Copy-kan ke Flashdisk, atau bisa di Copy kedalam hardisk laptop yang hendak diupdate biosnya jika Laptop masih bisa masuk ke windows, kali ini kami mencopy melalui Flashdisk.
Kemudian tancapkan Flashdisk yang berisi file bios update di USB lalu hidupkan Laptop dan masuk ke Bios, selanjutnya masuk ke Menu Advanced seperti gambar berikut :



dalam menu Advanced pilih Start Easy Flash seperti terlihat diatas kemudian Enter selanjutnya terlihat menu baru seperti berikut



Kemudian cari flashdisk Anda yang berisi file bios melalui pilihan FS0 s.d FS4, karena FS 0 s.d 4 berisi media penyimpanan dalam Laptop kita seperti sebuah Folder dalam Explorer, dalam hal ini FS0= Flashdisk, FS2= Hardisk Drive C, FS3= Hardisk Drive D dan isi terlihat pada jendela sebelah kanan.
Selanjutnya kita pilih FS0=Flashidisk, maka jendela kanan terlihat isi dari flashdisk, disini kita memilih file yang sudah kita download yaitu X200CAAS.208 maka jendela kanan atas menampilan infromasi New BIOS yang berati Bios Baru yang hendak digunakan untuk update, sedangkan Kiri atas Current BIOS adalah Bios yang sekarang terpasang di Laptop Anda, sangat jelas terlihat version dan Build Datenya yang berbeda.

Selanjutnya tekan Enter, maka terlihat seperti gambar berikut


Kemudian pilih YES untuk melakukan update, selanjutnya akan berjalan otomatis mulai dari Erase - Program - Verify


gambar diatas sedang menghapus Bios Lama (Erasing)



Gambar diatas sedang proses mengisi bios baru ( Programming)



Gambar diatas sedang melakukan pemeriksaan kembali Bios (Verifying)


Gambar diatas adalah setelah verifikasi dilakukan, setelah verifikasi maka update bios telah selesai dan akan Shutdown secara otomatis.

Kemudian hidupkan Laptop Anda kembali, biasanya Laptop akan mati lagi, hidupkan sekali lagi, jika berhasil tampil masuk ke Bios dan terlihat informasi Bios baru di menu MAIN seperti gambar berikut


Setelah Bios terupdate, restart laptop Anda dan biarkan Laptop masuk kewindows, jika tidak ada masalah update bios sukses.
Demikian informasi singkat cara update Bios Asus X200CA dari versi 205 ke 208, semoga artikel sederhana ini membawa manfaat, selamat mencoba.

By : Alfacom Kendari, Home alone                                                                
Photobucket Photobucket Photobucket

4 komentar:

arjana mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

asus x200ca tidak bisa install windows via usb..ada yg tau solusinya kah..mohon bantuanya 😣😣😣😣😣😣

Rahmat mengatakan...

Bisa jadi bootable nya korup..
Coba dibuat ulang, bisa pakai cmd atau pakai aplikasi seperti rufus..

Atau fd nya yg tidak kompatibel.. Berarti harus ganti fd lain..

Adhy mengatakan...

Gan tolong infonya dong, sy punya notebook Asus x200ca bermasalah. Hidup tp tdk sempat masuk ke windows. Kira2 masalahnya apa ya??

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Redesain by Jago Website