Mesin Kasir, Fungsi dan Jenisnya

Bagikan ke Teman :


Dalam dunia usaha seringkali banyak yang membutuhkan mesin kasir yang memiliki berbagai macam manfaat salah satunya untuk melayani transaksi jual beli dan proses pembayaran saat konsumen selesai belanja. Sampai saat ini sudah banyak model perangkat mesin khusus kasir seperti ini yang sudah meluncur di pasaran. Biasanya yang menggunakan alat ini adalah modern market seperti minimarket, supermarket dan lainnya sehingga proses penjualan dan pembayaran tidak lagi dilakukan secara manual. Semuanya sudah dibuat dan diatur secara sistematis sehingga mulai dari stock barang, harga barang, nama barang, kode barang dan kelengkapan lainnya seperti diskon, promo sudah tertera disana. Untuk harganya berbeda-beda semakin canggih harganya tentu saja akan semakin mahal.

Untuk istilah di pasaran mesin kasir ini juga dikenal dengan nama cash register machine. Jenisnya ada tiga yaitu:

           ·         Cash Register Machine Manual
Sesuai dengan namanya mesin ini masih digunakan secara manual. Fungsinya bisa sebagai alat penghitung seperti menjumlah, membagi, mengali atau menggunakan beberapa tombol untuk melihat total kredit saat ini dengan memanfaatkan tombol back space.

          ·          Cash Register Listrik
Untuk yang satu ini penggunaannya secara garis besar sama dengan yang lainnya hanya saja menggunakan tenaga listrik dengan arus listrik yang jauh lebih kuat. Salah satu contohnya adalah NCR. Mesin ini dilengkapi dengan handle yang bisa berfungsi disaat listrik mendadak mati. Sistem kerjanya dan mesin dengan cara mechanic.

    ·           Cash Register Elektrik
Yang satu ini sangat familiar dalam dunia bisnis atau dagang. Fungsinya untuk alat hitung dengan ketepatan yang akurat juga bisa sekaligus untuk stock barang atau penyimpanan data-data barang yang ada. Semua transaksi yang ada sudah secara otomatis tercatat disana  dan untuk bisnis retail biasanya mesin tersebut sudah satu paket lengkap dengan alat scanner. Kode bisa dimasukkan secara manual dengan menggunakan keyboard namun memakan waktu yang lebih lama karena itu sekarang hampir semua barang dilengkapi dengan barcode sehingga saat proses input barang dilakukan Anda hanya perlu menscan barcode tersebut untuk kemudian bisa masuk ke proses selanjutnya. Untuk kemampuan lainnya adalah record penjualan dengan diskon, prosentase, pencatatan untuk uang kas keluar, penjumlahan penjualan hari itu, ketersediaan uang kas, pembatalan atau mode penghapusan, pengurangan hutang , dll.

Tahukah Anda alasan kenapa mesin kasir bertambah terus peminatnya? Ternyata alat ini sangat membantu kehidupan manusia dan memiliki berbagai macam kelebihan seperti:


  •     Tersedia dalam berbagai pilihan harga yang terjangkau dengan banyak pilihan atau jenisnya
  •     Penempatan atau penyimpanan tidak memakan space yang besar khususnya untuk di tempat usaha seperti swalayan atau supermarket. Menyediakan bentuk laporan harian, bulanan atau mingguan dengan format yang simple dan mudah dimengerti
  •      Komponen alat ini juga tergolong sedikit dan praktis yaitu mesin nya sendiri, cash drawer atau laci kasir.   Mesin tersebut mensupport berbagai jenis item department untuk produk yang Anda jual seperti makanan ringan, seafood, alat listrik, barang rumah tangga dan lainnya
       Sangat recommended untuk pengusaha atau user yang menginginkan sistem yang cepat dan sederhana

Untuk Anda yang berencana akan memilih satu atau beberapa jenis cash register maka jangan langsung terburu-buru tanpa seleksi. Seleksi sangat diperlukan karena di pasaran ada banyak sekali jenis yang sudah diberikan sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Kemajuan teknologi juga sangat berdampak pada kualitas cash register tersebut sehingga ada baiknya Anda memilih yang sudah dilengkapi dengan teknologi terkini tujuannya untuk sistem yang lebih baru dan canggih. Beberapa modern market di Indonesia sudah menggunakan mesin untuk kasir bahkan yang sudah dilengkapi dengan teknologi touch screen sehingga tidak perlu adanya tambahan keyboard lainnya saat akan mengoperasikan perangkat tersebut. Modelnya pun lebih simple karena semua tombol sudah menjadi satu dengan layar mesin tersebut.


Untuk memilih jenis mesin kasir yang recommended maka Anda tidak hanya perlu melihat atau mempertimbangkan dari segi harganya saja. Brand juga cukup berpengaruh karena itu jangan gambling dengan membeli dari brand yang tidak kompeten dalam bidang perangkat seperti itu. Jika dimungkinkan lebih baik membeli mesin yang masih dalam kondisi baru. Walaupun memang harganya lebih mahal namun Anda akan mendapatkan fasilitas garansi resmi, komponen yang masih baru dan bersih serta sistem yang sangat awal sehingga Anda tidak perlu melakukan reset ulang seperti saat membeli produk second. Hanya saja jika Anda masih memiliki budget yang terbatas maka tidak ada salahnya memilih mesin second namun pastikan semua komponen, sistem, hardware dan juga software masih dalam kondisi yang sangat baik. Adalah sia-sia jika Anda membeli produk rusak walaupun dengan harga murah karena hanya akan mempersulit usaha Anda disaat mesin kasir tersebut harus berkali-kali mengalami perbaikan. Jangan lupa melakukan proses back up untuk semua data yang Anda miliki sebagai antisipasi disaat mesin rusak sehingga proses penjualan dan pembayaran bisa tetap berlangsung seperti biasa. 

By : Admin Alfacom Kendari
Photobucket Photobucket Photobucket

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Redesain by Jago Website